OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) TINGKAT SMP

PELAKSANAAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) TINGKAT SMP

Dalam rangka pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan dan kreativitas siswa, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah  Pertama (SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika, IPA, dan IPS. Kegiatan lomba dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Soal Test ketiga mata pelajaran tersebut, berasal dari Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelaksanaan OSN Tingkat Kabupaten sudah dilaksanakan secara serentak pada hari Sabtu, 11 Maret 2017, pukul 09.00 waktu setempat. Adapun peserta lomba adalah siswa SMP/MTs Negeri/Swasta yang telah terseleksi di sekolah, yang masih duduk di kelas VII dan VIII, serta bukan peraih medali emas,perak, dan perunggu pada OSN tingkat nasional tahun sebelumnya. Setiap sekolah diwakili 3 (tiga) orang siswa, masing-masing mata pelajaran 1 (satu) orang siswa. Biaya pelaksanaan kegiatan berasal dari APBD kabupaten Lombok Timur yang terdapat pada Daftar Pelaksana Anggaran (DPA) Dinas Dikbud dan dan Dana Sharing  dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP/MTs/Sederajat.

Adapun jumlah peserta yang mendaftarkan diri kepada panitia OSN sebagai berikut: bidang studi Matematika: 121 peserta, bidang studi IPA:122 peserta, dan bidang IPS 118 peserta dengan total 361 peserta yang terdiri dari 64 SMP Negeri, 58 SMP Swasta, dan 3 MTs Negeri/Swasta.  Dari jumlah tersebut, ada 9 (sembilan) peserta yang tidak hadir yaitu dari mata pelajaran IPA 118, Matematika 117,dan IPS 114 dengan total 349 peserta.

Lembar jawaban tingkat kabupaten/kota akan dikoreksi oleh panitia tingkat kabupaten/kota, berdasarkan kunci jawaban yang akan diemail ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.  Penilaian isi  lembar jawaban harus berpedoman pada kunci jawaban dari Direktorat Pembinaan SMP. Sedangkan penentuan siswa yang berhak mengikuti seleksi OSN tingkat provinsi mengacu pada Petunjuk Teknis Pelaksanaan OSN SMP Tingkat Kabupaten/Kota, yaitu siswa yang masuk peringkat 1,2, dan 3 pada OSN tingkat Kabupaten/Kota perbidang studi.

Daftar Peringkat  Terlampir .

DOWNLOAD PRINGKAT BIDANG STUDI IPA

DOWNLOAD PRINGKAT BIDANG STUDI IPS

DOWNLOAD PRINGKAT BIDANG STUDI MATEMATIKA

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*